Mahasiswa PPG Unkhair Gelar Upacara Hari Senin

Info Fakultas

Sekitar 12 mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris  Senin, (12/3) pagi kemarin menggelar upacara bendera hari Senin di halaman gedung FKIP Unkhair. Selain mahasiswa PPG, para mahasisa S1 FKIP Unkhair juga dilibatkan dalam upacara tersebut.

Bertindak selaku pembina upacara adalah Koordinator PPG Unkhair Dr. Syahril Muhammad, M.Hum. Upacara ini juga diiukti Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Hasan Hamid, M.Pd, Koordinator PPG Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Dr. Sutaryo M.Ed. Tesol serta Koordinator Prodi Pendidikan Matematika Dr. Karman Lanani, M.Pd.

Ditemui usai upacara, Dr. Syahril Muhammad, M.Hum menjelaskan pada prinsipnya pelaksanaan PPG memiliki dua kompetensi yang harus ditanamkan kepada seorang guru yakni kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. ”Kompetensi kepribadian misalnya perlu ditanamkan melalui implementasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan bela negara salah satunya upacara bendera”kata Syaril.

Menurutnya, upacara  bendera setiap Senin akan rutin digelar dan menjadi keharusan bagi mahasiswa PPG Unkhair. Hal ini, kata Syahril  dilakukan untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter kebangsaan berupa nilai kedisiplinan, kempimpimpinan serta kekuatan fisik dan mental, juga berdasarkan tata kelola yang berkaitan dengan keasramaan.

Dia menambahkan untuk semester pertama ini, para mahasiswa PPG Unkhair belum di tempatkan dipemondokan (diasramakan).”Jadi untuk semester ini mahasiswa PPG yang berjumlah 12 masih indekos tapi diwilayah yang sama di kelurahan Akehuda sehingga untuk  berjumpaan dengan mereka maka pengelola PPG melakukan bentuk-bentuk kegiatan tatap muka seperti olahraga maupun pembinaan kerohanian. Selain itu, para mahasiswa diharapkan bisa bersosialisasi dengan masyarakat setempat.

Syharil juga menjelaskan,kedepan pengelola PPG akan melakukan kegiatan bela negara bagi mahasiswa PPG Unkhair . “Nanti kedepan kita akan kerjasama dengan TNI untuk kegiatan bela negara” katanya.

Untuk diketahui para mahasiswa PPG Unkhair  Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini, berasal dari lima provinsi di Indonesia Timur, antara lain Provinsi Maluku, Sulawesi Utara, Papua, Papua Barat serta Maluku Utara.(chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *