Prodi Pendidikan Matematika Bentuk 7 Komunitas guna Lahirkan Guru Matematika yang Profesional

Info Fakultas

Menujupenyelenggaraan BLU dan upaya mencapai lulusan yang bermutu tinggi, diperlukan suatu inovasi dan kreativitas untuk mendorong terciptanya motivasi mahasiswa dalam membentuk dirinya menjadi pribadi yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan guru profesional. Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unkhair, Dr. Karman La Nani, S.Pd, M. Membentuk mahasiswanya menjadi 7 komunitas, yaitu komunitas mahasiswa pencinta, peduli, pemerhati, penetrasi, pelopor, penggema, dan Sanggar Seni Budaya Matematika.

Komunitas mahasiswa matematika tersebut diarahkan untuk melakukan kajian bidang ilmu matematika dan pengembangan ilmu matematika. Kajian yang dijadwalkan setiap hari Sabtu, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III, Syawal Abdul Ajid, SH.,MH mewakili Rektor Unkhair. Pembukaan Kajian itu juga dihadiri oleh Wakil Dekan I FKIP, Dr. Hasan Hamid, M.Si.

Wakil Rektor III melalui sambutannya mengatakan, kajian bidang ilmu sangat penting bagi mahasiswa untuk memperkuat pengetahuan matematika dan membentuk sikap dan mental profesionalitas mahasiswa sebagai calon guru matematika.  Koordinator Prodi Matematika, menjelaskan kajian matematika akan memanfaatkan hari sabtu sebagai hari kreativitas mahasiswa. Hasil kajian bidang ilmu matematika oleh setiap komunitas diarahkan agar menghasilkan sebuah buku ber-ISBN dengan judul Kecakapan matematika SMP Kelas (VII, VIII, dan IX) semester ganjil dan genap berdasarkan kurikulum 2013.

Sementara, kajian pengembangan bidang ilmu matematika pada setiap komunitas akan diisi oleh Bapak/Ibu Dosen Pendidikan Matematika atau di luar Prodi matematika sesuai keahliannya sebagai bentuk pengabdian dosen kepada masyarakat. Hasil kajiannya juga diarahkan untuk melahirkan buku ber-ISBN.

Pelaksanaan kajian matematika, setiap komunitas akan didampingi oleh dua pengurus KESMMAT dan dua dosen pembimbing. Khususnya komunitas Sanggar Seni Budaya Matematika (SSBM) diarahkan untuk melahirkan buku ber-ISBN tentang Puisi dan Prosa Matematika, Cerpen Matematika, dan Teatrikal Matematika. Setiap Komunitas mahasiswa matematika terdiri atas semester II, IV dan VI yang ditentukan langsung oleh Koorditor Prodi menurut IPK masing-masing.

Setelah acara pembukaan selesai, setiap komunitas mahasiswa matematika langsung melakukan kegiatan bina keakraban antar sesama anggota komunitas, dan mendiskusikan logo masing-masing komunitasnya. Hasil pantauan Koordinator Program Studi, setiap komunitas telah merumuskan logonya sesuai nama komunitasnya. (chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *