Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unkhair Gelar Workshop Internasional

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan Workshop Internasional Kebahasaan pada Selasa (27/3) lalu, dengan menghadirkan pemateri  Prof. Dr. James T. Collins, Ph.D  yang merupakan peneliti senior di Universitas Kebangsaan Malaysia. Kegiatan yang berlangsung di Aula Mini Lantai 2 gedung FKIP ini, mengambil tema “Penelitian dan Revitalisasi Bahasa Daerah: Taliabo, Bacan, Ternate”, dihadiri Koordinator Prodi dan para dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Peneliti Bahasa, guru serta mahasiswa Prodi Pendidikan  Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, mahasiswa Sastra Inggris serta sastra Indonesia.

Dalam kesempatan itu Prof. Dr. James memaparkan tentang upaya pelestarian bahasa daerah terutama bahasa yang terancam punah yang telah dilakukan dirinya bersama tim di dua negara Indonesia dan Malaysia di tiga daerah berbeda yakni Mukah yang merupakan salah satu distrik terletak di Sarawak Malaysia, Sintang di Kalimantan Barat serta Sepa yang berada di pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah.

Menurutnya proyek yang didanai yayasan Toyota (Toyotafound) ini, telah berjalan sejak November 2016 dan akan berakhir pada Oktober 2018 mendatang. Tujuan proyek ini adalah untuk merapatkan jurang antar generasi dalam hal pemilihan dan penggunaan bahasa daerah.

Sementara nantinya untuk Maluku Utara, daerah yang difokuskan adalah  Taliabo, Bacan dan Ternate. Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Naniek Jusnita, S.Pd., M.Pd mengatakan kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Kantor Urusan Internasional Unkhair selain itu, juga merupakan penguatan kerjasama Internasional Unkhair dan Universitas Kebangsaan Malaysia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *