Korem 152 Babullah Latih Mahasiswa PPG Unkhair tentang Bela Negara

Mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan bersubsidi dilatih bela negara oleh TNI. Bela negara merupakan salah satu pendidikan yang diatur dalam kurikulum PPG pada setiap akhir semester.

Pendidikan bela negara sudah melekat pada setiap Komando Resor Militer (Korem) masing-masing wilayah yang ada di Indonesia. Untuk itu, pendidikan bela negara yang dilaksanakan PPG Unkhair ini diajarkan langsung pihak TNI dari Korem 152 Babullah.

Kegiatan bela negara yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 17 -20 Juli 2018 dibuka dekan FKIP Unkhair Dr. A.R. Tolangara, M.Si. Hadir dalam acara pembukaan  antara lain Wakil Dekan I,II dan III FKIP, Ketua jurusan MIPA, Dr. Yahya Hairun, M.Si sekaligus sebagai ketua penjaminan mutu PPG Unkhair serta dari pihak Korem 152 Babullah

Menurut ketua PPG unkhair Dr. Syahril Muhammad, M.Hum, kegiatan PPG ini dilakukan sehubungan dengan kondisi yang ada saat ini, terkait kewaspadaan akan lunturnya wawasan kebangsaan.

“Ini merupakan wujud partisipasi kepada masyarakat untuk memberikan andil dalam bela negara” kata Syahril.

Calon guru ataupun seorang guru, katanya harus memiliki kesadaran, bukan hanya mengajarakan mata pelajaran secara normal namun mengajarkan cara pandang yang dilandasi kesadaran diri sebagai warga suatu negara.

Syahril menambahkan kurikulum PPG memiliki empat standar kompetensi yakni kompetensi nasional, kompatensi kepribadian, kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial.

“Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial dilaksanakan melalui pendidikan bela negara, untuk itu mahasiswa PPG diharuskan mengikuti orientasi pengenalan dan pengembangan kesadaran bernegara” ujarnya.

Para calon guru kata Syahril, sejak dini harus melakukan usaha bela negara kepada peserta didik agar kelak menjadi generasi yang peduli terhadap tanah air serta tetap berpegang teguh terhadap nilai-nilai Pancasila yang sarat akan wawasan kebangsaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *