Dekan Buka Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru MIPA SMP Kota Ternate

Salah satu permasalahan bagi guru yang kerap menghambat proses kenaikan pangkat adalah sulitnya para guru untuk menulis sebuah karya ilmiah dan melakukan publikasi hasil karyanya pada jurnal terakreditasi. Hal inilah yang selalu menjadi kendala bagi seorang guru bila mengurusi kenaikan pangkatnya.

Untuk menjawab hal tersebut Tim Pemenang hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2018 guru bijak online FKIP Unkhair yang diketuai Dr. Hasan Hamid, M.Si degan dua anggotanya yakni Dr. Chumidach Roini, M.Si dan Suparman, S.P.d, M.Si melaksanakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru MIPA SMP di Kota Ternate.

Kegiatan yang berlangsung diruang senat laintai 2 gedung FKIP ini dibuka dekan FKIP Unkhair Dr. A.R  Tolangara, M.Si. Dalam sambutanya dekan mengharapkan agar dengan mengikuti kegiatan ini para guru dapat memperoleh sejumlah pengetahuan tentang teknik, cara penulisan dan mencari referensi secara daring dalam mendukung penulisan artikel ilmiah, selain itu para guru minimal memperoleh satu artikel ilmiah dalam memenuhi salah satu prasyarat yang akan dilengkapi dalam pengusulan kenaikan pangkat.

Sementara itu ketua tim Dr. Hasan Hamid, M.Si yang juga wakil dekan I FKIP mengatakan peserta pada kegiatan ini terdiri dari guru-guru MIPA dari tiga sekolah menengah pertama di Kota Ternate. Ketiga sekolah tersebut antara lain SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 4. Dimana setiap sekolah mengirimkan 5 guru bidang studinya dengan rincian 2 guru bidang studi matematika serta 3 guru lainnya di bidang studi IPA.

“Jadi kegiatan ini merupakan jawaban dari sejumlah permasalahan diantaranya adalah sulitnya para guru menulis artikel ilmiah dan melakukan publikasi hasil karya tulis ilmiah pada jurnal terakreditasi, sehingga mengakibatkan banyak guru di kota Ternate stagnan pada pangkat IV/a” katanya.

Untuk itu menurutnya dengan adanya kegiatan guru bijak online ini, diharapkan mampu berperan dalam pendampingan sehingga dapat membantu para guru dalam menuliskan artikel ilmiah sampai dipublikasikannya hasil karya mereka.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 29-30 Agustus 2018, namun proses pendampingan oleh tim telah dilakukan sejak bulan Juli, dan akan dilanjutkan sampaikan dengan bulan oktober 2018, sehingga diharapkan bahwa artikel yang telah disusun dapat terpublis di jurnal “Guru Bijak Online”.

Dalam kegiatan ini  para guru terlihat sangat antusias mengikutinya dan mereka bertekad untuk bisa menghasilkan artikel dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di sekolah masing-masing. (chn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *