Labkom FKIP Selenggarakan Program Pelatihan Gratis Dasar Teknisi Komputer

Laboratorium Komputer (Labkom) FKIP Unkhair menggelar program pelatihan tentang dasar-dasar teknisi komputer pada Sabtu (13/10) akhir pekan kemarin. Pelatihan yang dilaksanakan secara gratis ini, diikuti 15 mahasiswa sebagai peserta angkatan pertama dari beberapa progam studi yang ada di lingkungan FKIP.

Kegiatan yang digelar atas kerjasama labkom dengan bidang kemahasiswaan fakultas ini mengambil tema “Menyemai Kreatifitas, Menumbuhkan Technopreneur Sejati Untuk Melahirkan Generasi Mandiri” dibuka Kepala Laboratorium Komputer FKIP Unkhair Dr. Joko Suratno, M.Pd.Si.

Dalam sambutannya Dr. Joko Suratno, M.Pd.Si mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu upaya dari labkom FKIP yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis kepada mahasiswa untuk membantu mengembangkan ketrampilannya dibidang teknologi khususnya komputer. Dirinya berharap kedepan agar mahasiswa yang telah memperoleh ilmunya dapat bekerjasama dengan labkom dalam kegiatan penelitian maupun pengabdian.

“Kemudian saya juga berharap dengan mengikuti pelatihan ini, paling tidak kalian bisa mandiri khususnya dapat mereparasi ataupun instalasi program komputer kalian” tambah Joko.

Selain itu menurut Joko, labkom FKIP memang tidak memiliki anggaran untuk melaksanakan suatu kegiatan atau pelatihan. Oleh karena itu, ia berharap kedepan pimpinan fakultas dapat membantu labkom dalam melaksanakan kegiatan melalui bidang yang ada difakultas baik itu bidang kemahsiswaan ataupun bidang lainnya yang memiliki anggaran untuk melaksanakan suatu kegiatan.

“Kita memang tidak punya anggaran kegiatan, hanya dana operasional saja, jadi saya berharap kedepan kita bisa kerjasama dengan pimpinan fakultas melalui bidangnya masing-masing  ataupun kita juga bisa bekerjasama dengan program studi karena merekalah yang memiliki anggaran untuk melaksanakan kegiatan” katanya.

Sementara itu, Achmad Afanudin, S.Pd selaku ketua pelakasana kegiatan menjelaskan pelatihan ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa mempelajari lebih mendalam tentang hardware maupun software pada sistem komputer. Dimana menurutnya, materi yang akan diberikan dalam pelatihan berupa pengenalan komponen komputer antara lain mainboard, harddisk, RAM dan perangkat lainnya.

Selain itu, para peserta pelatihan akan mendapatkan materi yang berkaitan dengan sistem reparasi dan instalasi, troubleshoting, manangani kerusakan hingga merakit komputer.

“Jadi materi yang kita berikan dipelatihan ini dimulai dari pengenalan hardwarenya sampai sampai instalasi program hingga bagaimana merakit sebuah komputer” terang Ahmad.

Ahmad menuturkan pendaftaran peserta dibuka selama 10 hari dan ditutup pada tanggal 10 Oktober 2018. Dirinya menyayangkan, meskipun telah dibuka pendaftarannya selama 10 hari namun minat mahasiswa untuk mendaftar tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, ia berharap pelatihan ini dapat diadakan rutin setiap tahunnya  sehingga pada pelaksanaan tahun depan pesertanya bisa lebih banyak.

Program Pelatihan ini nantinya akan dilaksanakan dari tanggal 13-28 Oktober 2018. Sementara waktu pelatihan diadakan setiap Sabtu dan Minggu, sehingga tidak mengganggu aktifitas kuliah dari mahasiswa. (chn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *