PPG Unkhair Gelar Kegiatan Persamaan Persepsi Calon Penguji UKM

Sebanyak  171 peserta calon penguji Uji Kompetensi Mahasiswa (UKM) pada Program Profesi Pendidikan Guru (PPG) Unkhair Universitas Khairun belum lama ini mengikuti kegiatan persamaan persepsi Uji Kinerja (Ukin) selama dua hari di Aula Mini lantai 2 gedung FKIP. Kegiatan yang dibuka Dekan FKIP Unkhair Dr. A.R Tolangara, M.Si dihadiri langsung tim dari UKM PPG pusat.

Ukin merupakan uji kompetensi yang dilakukan penguji secara daring (dalam jaringan) kepada mahasiswa PPG guna menilai kemampuan mereka dalam erencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran terhadap empat aspek kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kompetensii kepribadian, kompetensi sosial serta kompetensi profesional.

Kegiatan persamaan persepsi calon penguji Ukin dilaksanakan dalam konteks kelas real dimana aspek yang dinilai berupa kemapuan mengembangkan perangkat pembelajaran, penampilan dalam proses pembelajaran serta  penguasaan materi.

Sementara penyamaan persepsi yang dilakukan berupa penilaian, dimana nantinya pengujian dilakukan oleh dua penguji sehingga memungkinkan adanya perbedaan hasil penilaian. Selain itu, instrumen Ukin akan dilakukan secara berjenjang dengan memiliki karakteristik yang berbeda dan intrusmen yang digunakan sudah melalui pengembangan validasi ahli dan empiris.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari dosen FKIP dan beberapa fakultas dilingkungan Unkhair yang telah tersertifikasi dosen dengan jabatan minimal lektor serta guru yang juga telah tersertifikasi  serta pernah menjadi guru pamong dari  berbagai jenjang pendidikan dari tingkat TK/PAUD sampai SMA yang sekolahnya merupakan sekolah mitra program PPG.

Setelah mengikuti kegiatan ini para calon penguji yang telah melakukan pengisian data yang diinput secara online dan dinyatakan lengkap oleh UKMPPG Pusat maka akan menerima Nomor Registrasi Penguji (NRP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *