FKIP Unkhair Gelar MTQ Mahasiswa Tingkat Fakultas

Gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Tingkat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unkhair tahun 2018, diikut 9 Program Studi (Prodi) dari 10 prodi yang  ada dilingkungan FKIP. Kegiatan yang bertajuk “Semangat MTQ Membangun Generasi Qur’ani Menuju Indonesia yang Lebih Baik” ini dihelat di Aula Mini Lantai 2 gedung FKIP Kampus I Akehuda pada Jumat (26/10).

Ketua Pelaksana Kegiatan Bujuna Alhaddad, S.Ag., M.Ag menjelaskan dari kesembilan prodi tersebut, jumlah peserta yang terdaftar dan mengikuti lomba sebanyak 28 peserta putra dan putri dengan 2 mata lomba yang dilombakan yakni Tilawatil Quran 7 peserta dan Tartil Quran sebanyak 21 peserta.

“Kegiatan yang berlangsung sehari ini dibuka oleh Dekan FKIP Dr. A.R. Tolangara, M.Si di Aula Mini lantai 2 gedung FKIP Kampus I Akehuda” kata Bujuna yang juga Koordinator Prodi PG-PAUD.

Selain itu menurutnya, kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini merupakan ajang untuk mencari bakat sekaligus mengasah kemampuan mahasiswa dalam bidang keagamaan khususnya bacaan Al-Quran.

“Bagi para juara ini bukanlah suatu ukuran tetapi sebagai motivasi untuk terus meningkatkan pemahaman tentang kandungan isi Al-Quran dan yang terpenting adalah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari” tambahnya.

Keluar sebagai pemenang lomba MTQ mahasiswa tingkat fakultas untuk kategori Tilawatil Quran putra, diraih M. Iqbal Ali dari prodi Pendidikan Geografi sebagai juara pertama, sedangkan untuk juara kedua diraih Hidayat M. Buka yang merupakan mahasiswa prodi PKn dan Abd Wahid Hasan dari prodi Pendidikan Kimia yang mampu menempati juara ketiga.

Sementara pada kategori Tilawatil Quran putri, Syarika Husen dari prodi Pendidikan Matematika berhasil menyabet juara pertama, kemudian Indriyani Hamid dari prodi PG-PAUD berhasil meraih juara kedua serta  juara ketiga diraih Yunisara Bukra dari prodi Pendidikan Fisika.

Untuk mata lomba Tartil putra juara pertama diraih Rifki dari prodi Pendidikan Matematika, juara kedua berhasil dirah Faisal dari prodi PKn serta Khairul dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris meraih juara ketiga. Dikategori Tartil putri juara pertama diraih Rahmawati dari prodi PGSD kemudian juara kedua diraih Rahmita Abubakar dari prodi Pendidikan Matematika dan untuk juara ketiga diraih Rahmiyanti Ramli dari prodi Pendidikan Kimia.

Bagi para pemenang pertama baik tilawah maupun tartil akan mewakili FKIP pada lomba MTQ mahasiswa tingkat Universitas Khairun yang akan digelar bulan november mendatang.

Selain itu, menurut Bujuna untuk MTQ mahasiswa tingkat universitas yang akan digelar nanti terdapat beberapa mata lomba yang tidak dilombakan dalam MTQ mahasiswa tingkat fakultas ini yaitu sarhil qur’an, fahmil qur’an (cerdas cermat isi kandungan al-qur’an), hifzil qur’an serta hattil qur’an (kaligrafi).

Untuk itu dirinya berharap kepada mahasiswa FKIP yang akan mengikuti mata lomba tersebut dapat menghubungi dirinya untuk dilakukan pembinaan sebelum didaftarkan ke MTQ mahasiswa tingkat universitas, sebab menurutnya pimpinan fakultas telah menyediakan dana pembinaan bagi mahasiswa terkait beberapa mata lomba tersebut. (chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *