Semarakan Bulan Bahasa, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gelar Berbagai Lomba

Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMABIN) mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa tahun 2018. Acara yang diagendakan tiap tahun ini, berlangsung sejak Kamis, 25 Oktober 2018 sampai puncak kegiatan yang digelar pada Minggu, 28 Oktober 2018. Acara ini dirangkai sekaligus dengan memperingati hari Sumpah Pemuda yang mengusung tema “Melalui Momentum Sumpah Pemuda, Kita Lestarikan dan Tingkatkan Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Kaum Muda Era Millenial.

Menurut Koordinator Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Rismada Azahra, S.Pd, M.Pd, dalam menyemarakan Bulan Bahasa tahun ini, sejumlah kegiatan telah dilangsungkan, antara lain kegiatan Lomba Baca Puisi dan Ranking I se-Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan, Bedah Sastra serta Seminar Kebahasaan.

“Untuk kegiatan lomba baca puisi itu berlangsung selama dua hari, yaitu Kamis babak penyisihannya dan Jumat masuk pada babak final sekaligus dilanjutkan dengan Lomba Ranking I” kata Rismada.

Rismada menambahkan, jumlah peserta yang mengikuti lomba baca puisi dan rangking I sebanyak 13 sekolah baik yang berada di Kota Ternate maupun Kota Tidore Kepulauan, dimana 5 sekolah tigkat SMP dan 6 Sekolah tingkat SMA.

Keluar sebagai juara pertama lomba baca puisi tingkat SMA diraih SMAN 8 Kota Ternate, sementara juara kedua diraih SMAN 10 Kota Ternate, dan juara III juga dari SMA 8 Kota Ternate. Sedangkan untuk tingkat SMP, juara I diraih oleh SMPN 3 Kota Tidore Kepulauan, juara II dari SMPN 4 Kota Ternate, dan juara III kembali diraih oleh SMPN 3 Kota Tidore Kepulauan. Untuk kategori lomba ranking I, SMA IT Nurul Hasan berhasil keluar sebagai juara pertama.

Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan bedah sastra yang digelar pada hari Sabtu,. Dalam acara ini dikupas mengenai sebuah karya sastra berbentuk film dengan tema pendidikan, yaitu film Laskar Pelangi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

. “Setelah pemutaran film Laskar Pelangi, kemudian ditampilkan teaterikal puisi dan pembacaan naskah puisi dengan tema yang senada. Selanjutnya, penampilan karya-karya tersebut dibedah berdasarkan aspek kesusastraan dan kebahasaannya dikaitkan dengan dunia pendidikan yang menjadi fokus pembelajaran mahasiswa” ujar Rismada.

Kegiatan puncak Bulan Bahasa dilaksanankan pada hari Minggu, 28 Oktober 2018 dengan fokus acara Seminar Kebahasaan sesuai tema Bulan Bahasa kali ini yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Narasumber yang dihadirkan dalam seminar bahasa tersebut adalah Drs. Mansur Hasan, M.Pd sebagai perwakilan dari dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, dan  perwakilan dari Kantor Bahasa Ternate. Acara kemudian diisi dengan berbagai penampilan menarik dari mahasiswa seperti pembacaan puisi dan teaterikal puisi yang berkolaborasi dengan pemateri, Drs. Mansur Hasan, M.Pd. Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba baca puisi dan ranking I.

Selaku Kordinator prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Rismada berharap semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan rasa cinta Bahasa Indonesia lebih dalam lagi di hati para pemakainya khususnya kalangan muda di kota Ternate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *