Pembekalan PPL Dalam Jabatan Tahap I PPG LPTK Unkhair

Koordinator PPG LPTK Unkhair Dr. Syahril Muhammad, M.Hum membuka kegiatan pembekalan PPL Dalam Jabatan (Daljab) tahap 1. Kegiatan yang diikuti 36 peserta mahasiswa Program Profesi Pendidikan Guru (PPG) Daljab ini,  berlangsung  Rabu (31/10) kemarin di Aula Mini lantai 2 gedung FKIP Unkhair.

Sementara hadir sebagai pemateri untuk memberikan pembekalan adalah Dr. Hasan Hamid, M.Si yang juga wakil dekan I FKIP serta Dr. Samsu Somadayo, M.Pd. Para peserta PPL PPG nantinya akan ditempatkan selama 3 minggu di 3 sekolah mitra PPG LPTK Unkhair  yakni SDN 1 , SDN 2 serta SDN 52 yang ada di Kota Ternate.

Ditemui usai acara pembekalan, Dr. Syahril Muhammad, M.Hum menjelaskan pelaksanaa PPL bagi mahasiswa PPG Daljab berbeda dengan pelaksanaan PPL bagi mahasiswa strata satu. Menurutnya dalam pelaksanaan PPL PPG ini, diharapkan mahasiswa mampu menjadi pendidik yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan guna menunjang tercapainya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian serta kompetensi sosial.

Dirinya menambahkan para mahasiswa PPG Daljab berasal dari daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) atau yag lebih dikenal dengan Guru Daerah Khusus (Gurdasus) yang ada di Provinsi Maluku Utara sebanyak 22 orang dan 14 lainnya dari Provinsi Maluku yang merupakan mahasiswa PPG Daljab melalui Sistem Pembelajaran Daring (SPADA).

“Kalau Gurdasus itu guru-gurunya dari beberapa kabupaten di Maluku Utara yaitu dari Kabupaten Taliabu, Sula,  Halmahera Timur serta Halmahera Utara sedangkan untuk PPG Daljab dengan sistem daring dari Provinsi Maluku misalnya dari Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Teggara dan juga dari Kabupaten Seram” terang Syahril.

Tahap terakhir yang nantinya diikuti mahasiswa PPG Daljab adalah Uji Pengetahuan berupa Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG). Apabila berhasil dan dinyatakan lulus maka para guru tersebut berhak mendapatkan sertfikat pendidik. (chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *