Walikota Ternate Buka Kegiatan The 1st International Conference on Teaching and Learning (ICTL)

Walikota Ternate Dr. Burhan Abdurahman, SH., MM secara resmi membuka kegiatan The 1st International Conference on Teaching and Learning  (ICTL) yang diselenggarakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unkhair Ternate.

Dihadapan peserta konferensi, walikota  menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Unkhair atas terselenggaranya konfrensi internasional ini. Menurutnya konferensi internasional yang dilaksanakan ini terkait dengan masalah pendidikan yang merupakan salah satu pelayanan dasar yang harus dilaksanakan oleh pemerintah.

Dalam arahannya walikota sempat menyinggung hasil pelaksanaan seleksi ASN 2018 di Provinsi Maluku Utara termasuk Kota Ternate. Menurutnya, dirinya merasa prihatin atas hasil seleksi yang diperoleh para peserta seleksi.

“Kita baru saja melaksanakan seleksi ASN diseluruh  Indonesia, lebih khususnya Maluku Utara yang mana para peserta seleksi ini termasuk diantaranya tenaga guru dan tenaga kesehatan. Jika kita berkacamata dari hasil seleksi yang ada, ini merupakan sesuatu yang kurang menggembirakan. Oleh karena itu menjadi tanggung jawab kita semua baik pemerintah daerah, perguruan tinggi maupun tenaga pendidikan untuk dapat berfikir lebih jauh dengan mencurahkan perhatian yang lebih besar dalam dunia pendidikan agar kedepan hasil yang didapat menjadi lebih baik” ujar Walikota ketika membuka konferensi internasional tentang pendidikan dan pengajaran di Grand Daffam Internasional Hotel, Senin (5/11).

Menurut Walikota, dari 112 kuota ASN yang diberikan pemerintah pusat untuk Kota Ternate, hanya 11 orang peserta yang dinyatakan lulus memenuhi passing grade. Namun bila dibandingkan dengan kabupaten lain di Maluku Utara, hasil yang dicapai oleh peserta seleksi ASN di Kota Ternate masih lebih baik.

“Saya pernah berdiskusi dengan pak rektor (Unkhair), bagaimana kita memulai ini sehingga dari waktu ke waktu kualitasnya (pendidikan) menjadi lebih baik” tambah walikota dua periode ini.

Menurutnya untuk merubah dan memperbaiki mutu pendidikan di Maluku Utara tidaklah semudah membalik telapak tangan karena berkaitan dengan berbagai masalah dan banyak faktor yang harus dihadapi tetapi paling tidak harus ada perhatian dan langkah upaya sekecil apapun agar dari waktu ke waktu bisa menjadi lebih baik.

Diakhir sambutannya, walikota berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menghasilkan rekomendasi untuk perbaikan pendidikan dimasa yang akan datang. “Semoga konferensi ini mampu membawa manfaat bagi masyarakat Maluku Utara khususnya dalam dunia pendidikan” tutup walikota.

Sementara itu, wakil rektor I bidang akademik Dr. Suratman Sudjud, MP ketika mewakili rektor dalam sambutannya mengatakan untuk memenuhi visi universitas “menjadikan universitas yang berkualitas berbasis kepulauan dan keberagaman” Unkahir melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menginisiasi konfrensi Internasional tentang pendidikan dan pengajaran dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan publikasi di level internasional.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, Unkhair telah bersaing dalam mengembangkan  pelayanan pendidikan dan pengajaran seiring dengan peningkatan jumlah penelitian, publikasi dan kerjasama internasional

“Saya berharap semoga kegiatan ini membawa dampak yang besar bagi kualitas pendidikan khususnya di Unkhair tentang pendidikan dan pengajaran, dan membuka akses untuk publikasi bersama di tingkat internasional” kata warek I.

Konferensi internasional tentang pendidikan dan pengajaran ini akan berlangsung selama 2 hari dengan menghadirkan para pembicara utama antara lain Assoc. Prof. Amy hamilton, Ph.D dari Flinders University Australia, Assoc. Prof Yaya Rukayadi, Ph.D dari University Putra Malaysia, Prof. Gary Holton, University of Hawai at Manoa,  Prof. Herawati Sudoyo, dari lembaga Eijkmann-LIPI, Dr. Sadjuga, M.Sc yang merupakan Direktur Kekayaan Intelektual Ristekdikti, serta Prof. Dr. Syarif Sumantri, M.Pd dari Universitas Negeri Jakarta. (chn).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *