Assoc. Prof. Dr. Amy Hamilton, Berbagi Tips Menulis Artikel Jurnal Internasional Kepada Dosen FKIP Unkhair

Setelah menjadi salah satu pembicara utama pada The 1st International Conference On Teaching and Learning  (ICTL) beberapa waktu lalu, Associate Professor Dr. Amy Hamilton dari Flinders University-Australia kembali mengisi acara pada kegiatan Workshop on Writing in International Journals yang diselenggarakan FKIP Unkhair. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, (7/11) kemarin dihadiri para dosen dari seluruh program studi di FKIP, bertempat di Aula Mini lantai 2 gedung FKIP Unkhair.

Acara yang dipandu moderator Dr.Drs. Sutaryo, M.Ed TESOL., M.Ed, mengangkat sejumlah issue terkait penulisan sebuah artikel pada jurnal internasional, diantaranya ada sejumlah alasan personal maupun kelembagaan mengapa seorang dosen harus mempublikasikan artikel jurnal, selain itu bagaimana cara menemukan jurnal yang tepat sesuai dengan bidangnya serta mengecek status jurnal tersebut.

Assoc. Prof. Amy Hamilton menyebutkan seorang penulis haruslah memperhatikan dengan seksama terkait tuntutan jurnal pada sebuah jurnal seperti format tulisan, isi, metode, jenis penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif dan kepada siapa sasaran artikel yang ditulis.

Dirinya juga menunjukan sejumlah contoh jurnal yang  berkaitan dengan pendidikan seperti ‘Journal of Curriculum Studies’ secara online. Ia kemudian meminta kepada peserta untuk memperhatikan dengan seksama sejumlah hal pada webiste jurnal tersebut seperti seberapa tinggi tingkat H-Index nya, tema yang ditulis, panduan bagi penulis seperti abstrak, serta jumlah kata yang diijinkan.

Pada kesempatan tersebut, Assoc. Prof. Amy Hamilton sempat berbagi tips tentang menulis artikel pada sebuah jurnal kepada para peserta. Dirinya menguraikan beberapa tips salah satunya dengan meminta seorang penulis untuk tidak menulis dan mengedit tulisan di waktu yang sama kemudian mintalah kolega untuk membaca dan mereviewnya termasuk dengan pembaca internasional agar mendapatkan feedback guna perbaikan tulisan.

Menurutnya, untuk menjadi seorang penulis artikel pada jurnal internasional, tidak instan tetapi melalui proses yang panjang dan harus mengikuti aturan dari jurnal yang dituju.

“Seorang penulis harus membangun keyakinan diri, sabar dan teruslah berlatih menulis meskipun tidak mudah, lakukan proses review dengan sesame kolega, tumbuhkan rasa percaya diri, dan jangan cepat menyerah, begitu merasa yakin dengan tulisannya cepatlah kirim ke jurnal yang tepat” jelasnya.

Meskipun lamanya proses menunggu feedback dari reviewer kadang memakan waktu yang lama,  dari 6 bulan, 8 bulan bahkan 1 tahun. “Setelah feedback diterima sepenuhnya, baik diterima dengan catatan atau ditolak, lakukan tindakan yang sesuai untuk perbaikan dan selanjutnya dikirim kembali ke jurnal yang sama atau kejurnal yang lain” sebut Assoc.Prof Amy.

Para peserta yang hadir nampak begitu antusias mengikuti jalannya kegiatan, terlihat dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan yang kemudian dijawab dengan lugas oleh Assoc.Prof Amy, ada juga peserta yang berbagi pengalaman terkait artikelnya yang pernah dimuat dalam sebuah jurnal. (chn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *