Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Tim Pengembang LSLC FKIP Unkhair Adakan Workshop

Untuk meningkatkan kualitas mutu pembelajaran, Tim Pengembang Lesson Study Learning Comunity (LSLC) FKIP Unkhair mengadakan workhsop bagi para guru dan dosen, di Aula Mini lantai 2 gedung FKIP pada Rabu (7/11) lalu.

Kegiatan ini, menghadirkan Presiden Asosiasi Lesson Study Indonesia (ALSI), Sumar Hendayana, Ph.D dan Arif Hidayat, Ph.D, Ed dari International consortium Learning Improvement (ICLI).

Salah satu tim pengembang LSLC FKIP Unkhair, Nurmaya Papuangan, S.Pd, M.Si mengatakan workhsop plan yang dilaksanakan di Aula Mini tersebut merupakan lanjutan kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya tentang workshop design berupa open class di SMP Negeri 1 Kota Ternate.

“Yang kita laksanakan di SMP Negeri 1 workhsop design  yakni dengan open class dimana open class merupakan suatu pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru, kemudian dilihat dan diamati oleh guru lain termasuk para pengawas sekolah untuk mengamati jalannya proses pembelajaran tersebut” katanya.

Lanjut Nurmaya, selain diikuti guru-guru tingkat SMP dan SMA dari beberapa sekolah di Kota Ternate, kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate serta para pengawas sekolah.

“Jadi sehari sebelumnya kita melakukan silaturahmi ke Kantor Dinas Pendidikan untuk bertemu kepala dinasnya. Tujuannya untuk mengenalkan Lesson Study ini, sekaligus mengundang beliau pada kegiatan yang kami laksanakan” ujar Nurmaya.

Nurmaya menambahkan  Lesson Study  merupakan salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan tentang materi ajar guru dan siswa, selain itu untuk mengembangkan kemampuan guru dalam melakukan observasi tentang aktifitas pembelajaran siswa, sehingga guru dapat lebih mengenal karakter siswanya. (chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *