Dekan Buka Lomba Karya Tulis Mahasiswa Tingkat Fakultas

Dekan FKIP Unkhair, Dr. A.R. Tolangara, M.Si membuka kegiatan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) tingkat fakultas di Aula Mini lantai 2 gedung FKIP Unkhair pada Selasa (27/11). Dalam sambutannya dekan mengatakan para peserta yang mengikuti ajang ini diharapkan dapat menambah wawasan serta pengalaman mereka, sehingga dalam penyusunan tugas akhir nanti bisa lebih percaya diri.

”Karenakan kita sudah mengatahui langkahnya, bagaimana menuangkan ide, penyusunannya seperti apa, metodenya maupun pengambilan data bagaimana itu sudah tergambarkan dalam LKTM ini” sebut dekan.

Dekan merasa bangga  kepada peserta yang  meskipun masih duduk di semester 3 ataupun semester 5 mau mengikuti ajang ini. “Ada yang semseter 3 maupun semester 5 ikut kegiatan ini, saya rasa sangat bagus. Dengan ikut kegiatan ini berarti dari awal sudah punya persiapan, begini loh cara buat sebuah karya ilmiah yang baik dan benar yang dimulai dari pendahuluan sampai kesimpulan itu seperti ini” tambahnya.

Dalam lomba karya tulis ini, wakil dari Prodi Pendidikan Biologi berhasil menyabet juara pertama dan kedua. Sementara wakil dari Prodi PG- PAUD berhasil meraih juara ketiga.

Intan Fitriani Azzahra dan rekan setimnya Hilda Risvana Yusri keluar sebagai juara pertama setelah berhasil memikat   tim juri yang diketuai  Dr. Hasan Hamid., M.Si, dengan judul “Potensi Alga di Maluku Utara sebagai Sumber Energi Terbarukan Masyarakat Kepulauan” dibawah bimbingan Dr. M.nasir Tamalene, M.Pd.

Sementara itu Mokhtar Yusup, S.Pd.,M.Pd selaku ketua pelaksana kegiatan menjelaskan lomba  tahun ini bertajuk “Pemanfaatan teknologi Digital dalam pembelajaran” dimana sebanyak 8 tim dari beberapa prodi dilingkungan FKIP yang ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Mochtar menambahkan dalam mempresentasikan karya tulisnya setiap tim diberi waktu 5 menit oleh panitia untuk memaparkan karya tulisnya, sedangkan 30 menit lagi merupakan sesi tanya jawab dewan juri kepada tim lomba.

Dirinya menyebutkan jumlah tim yang berpartisipasi pada LKTM tingkat fakultas tahun ini sedikit mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun 2017 lalu.

“Jadi memang ada penurunan tim yang ikut pada tahun ini, padahal jauh hari sebelum pendaftaran kami dari panitia sudah lakukan sosialiasi ke prodi-prodi. Mungkin bertepatan dengan hajatan besar fakultas berupa konferensi internasional (ICTL) yang baru saja kita laksanakan pada bulan awal November ini sehingga banyak dosen yang lebih memfokuskan diri pada hajatan tersebut” kata Mochtar disela-sela kegiatan.

Untuk itu dirinya berharap agar pada pelaksanaan LKTM tahun depan, para dosen diharapkan  lebih pro aktif melaksanakan bimbingan karya tulis kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan kualitas mereka sehingga capaian yang akan diraih oleh mahasiswa bisa membawanya ke level yang lebih tinggi. (chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *