Studi Eksplorasi Prodi Pendidikan Matematika

Upaya meningkatkan kinerja dosen, karakteristik mahasiswa dan kualitas pembelajaran matematika,  Ketua Jurusan MIPA Dr. Yahya Hairun, M.Si bersama Koordinator Prodi Pendidikan Matematika Dr. Karman La Nani, M.Si melakukan studi eksplorasi di Universitas Sultan Agung Tirtayasa (UNTIRTA) Banten.

Dalam lawatannya ke Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika FKIP Untirta pada Rabu, 28 November 2018 Ketua Jurusan dan Koordinator Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unkhair diterima langsung  Wakil Dekan II FKIP Untirta, Dr. Aan Hendrayana, M.Pd, dan Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Dr. Heni Pujiastuti, M.Pd.

Saat memberikan sambutannya, ketua jurusan MIPA FKIP Unkhair menjelaskan kehadiran mereka di Untirta sebagai bentuk silahturahmi dan menindaklanjuti program Forum Komunikasi Dekan FKIP Se-Indonesia yang telah digagas oleh para Dekan FKIP secara Nasional.

Selain itu, Dr. Yahya yang juga ketua tim studi eksplorasi menyebutkan kunjungan mereka ke Untirta sekaligus untuk sharing pengalaman Jurusan MIPA dalam mengembangkan 9 standar Borang Akreditasi Program Studi  Pendidikan Matematika sehubungan dengan kinerja serta kegiatan dosen dan mahasiswanya.

Sementara itu Wadek II FKIP Untirta, Dr. Aan Hendrayana, M.Pd, menyambut baik dan senang atas kunjungan tim studi eksplorasi dari FKIP Unkhair Ternate, menurutnya kunjungan semacam ini dapat mendorong kinerja Fakultas dan Program Studi untuk terus mengembangkan diri menjadi yang lebih baik dan unggul dimasa mendatang.

Oleh karena itu guna memotivasi para kaprodi di FKIP Untirta, maka pihak FKIP Untirta akan mengadakan kunjungan balasan ke fakultas-fakultas keguruan yang pernah mengunjungi Untirta. Pada kesempatan yang sama Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Dr. Heni Pujiastuti, mengatakan pengembangan Borang Akreditasi Prodi diperlukan kerja tim work yang saling menunjang dibawah manajemen kepemimpinan Ketua Prodinya.

Dirinya menambahkan, beberapa aspek penting yang harus disiapkan secara sistimatis dan valid. Aspek tersebut antara lain berupa kesesuaian visi misi dan tujuan prodi dengan kualifikasi ketercapaian belajar, tata pamong, sarana dan prasarana, pengelolaan keuangan, prestasi mahasiswa dan ketercapaian target lulusan tepat waktu, Penelitian dan Pengabdian Dosen,  kerja sama dengan berbagai instansi terkait, serta diperlukan adanya sinergitas serta serapan Alumni dalam dunia kerja.

Dr. Heni Pujiastuti juga menegaskan, untuk melengkapi berkas borang akreditasi perlu didukung dengan kesiapan kaprodi dan dosen dalam menunjukkan semua keunggulan yang pernah dilakukan dan dimiliki oleh program studinya, selain itu semua kebutuhan yang  diperlukan harus dilaksanakan meskipun terkesan baru.

Penjelasan dari Ketua Prodi Pendidikan Matematika FKIP Untirta ini, ditanggapi positif oleh Koordinator Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unkhair Ternate. Dr. Karman La Nani, M.Si. Menurutnya, saat ini pihaknya terus mendorong mahasiswa dalam memotivasi belajar mereka serta membentuk karekater dalam mencintai matematika. Hal ini dilakukan dengan mengadakan berbagai kegiatan ilmiah kemahasiswaan agar mahasiswa secara intrinsik mau mempelajari matematika sebagai suatu keterpanggilan hatinya dan bukan paksaan dari orang lain.

Dalam pertemuan ini, juga dilakukan saling tukar cendramata antara Kajur MIPA FKIP Unkhair dengan Wadek II Untirta, dan antara Kaprodi dengan Koorprodi. Selanjutnya tim ekslporasi FKIP Unkhair diajak untuk mengunjungi ruang dosen, ruang laboratorium komputer serta ruang media pembelajaran matematika yang berada di kampus 1 Untirta, sekaligus bertemu dengan para dosennya.

Dari hasil kunjungan tersebut, tim eksplorasi studi FKIP Unkhair mendapati banyak hal yang perlu dicontohi dan dipelajari dari Prodi Pendidikan Matematika FKIP Untirta terkait kesiapan sarana dan prasarana yang mereka miliki agar nanti dalam menyiapkan borang akreditasi Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unkhair bisa tercapai dengan baik. (kmn-chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *