Prodi Pendidikan Geografi Gelar Pelatihan dan Lomba Penulisan Karya Ilmiah

Kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah Program studi Pendidikan Geografi dilaksanakan di Aula Mini lantai 2 gedung FKIP dibuka oleh dekan Dr. A.R Tolangara, M.Si dengan menghadirkan narasumber Dr. Muhammad Amin, M.Eng

Kegiatan pelatihan yang dirangkai dengan lomba penulisan karya ilmiah ini dilaksanakan pada Rabu, (5/12) lalu diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dengan moderator Dr. Eva Marthinu, M.Pd. Dalam pemaparannya Dr. Muhammad Amin, M.Eng menguraikan seorang penulis yang akan mempublikasikan tulisannya harus mampu menulis artikel sebagus dan semaksimal mungkin agar peluang diterima untuk publikasinya semakin terbuka lebar.

Dirinya menjelaskan ada beberapa faktor yang mengakibatkan sebuah artikel tidak diterima yakni terkait masalah format penulisan, dimana seorang penulis tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh sebuah jurnal termasuk juga unsur bahasa serta kerapihan. Selain itu makalah yang dimasukkan berada diluar lingkup jurnal yang dituju.

“Faktor lainnya adalah reviewer (penelaah) yang diusulkan tidak berada di bidang kepakaran yang sesuai dengan isi makalah, kemudian pengunaan bahasa Inggris yang buruk dan si penulis kembali memasukan makalah yang telah ditolak dengan tidak berusaha merevisinya” jelas penerima penghargaan anugrah IPTEKS Unkhar tahun 2018 pada kategori publikasi ilmiah bereputasi ini.

Foto bersama Dekan FKIP Dr. A.R. Tolangara, M.Si, Koordinator Prodi Pendidikan Geografi beserta dosen dan pemenang lomba penulisan karya ilmiah.

Oleh karena itu untuk menghindari penolakan diawal review seorang penulis yang akan mempublikasikan artikelnya harus mampu memilih jurnal yang tepat dengan memasukannya ke satu jurnal saja pada satu waktu serta mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan oleh jurnal.

“Suatu studi atau riset akan berarti apabila jelas, mudah dimengerti dan berkelanjutan karena pihak jurnal maupun reviewernya tidak menganggap berbeda pada suatu publikasi apapun alasannya karena standar penerimaannya sama” terangnya

Sementara itu, usai kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan lomba penulisan karya ilmiah. Koordinator Prodi Pendidikan Geografi Vrita Tri Aryuni, S.Si., M.Si mengatakan  lomba ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dan menumbuhkembangkan sikap kompetitif dalam keilmuannya.

Keluar sebagai juara pertama lomba penulisan karya ilmiah adalah Muhammad Ilham Hasanudin, sementara juara kedua diraih Wahni Saphira Djiad dan Hartoni sebagai juara ketiga. Setelah memberikan hadiah kepada para pemenang dekan FKIP Dr. A. R. Tolangara, M.Si berharap program ini dapat memberikan bekal kepada mahasiswa dalam menulis karya ilmiah secara umum serta lebih khusus pada penulisan skripsi.

“Saya juga berharap agar kegiatan semacam ini bisa menjadi agenda rutin bagi Prodi Pendidikan Geografi dalam upaya peningkatan kemampuan baik mahasiswa maupun dosen” kata dekan. (vrt-chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *