Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair Kunjungi BMKG Kelas I Ternate

Sebanyak 70 mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unkhair melakukan kunjungan lapangan ke Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Babullah Ternate. Kunjungan yang diikuti mahasiswa semester I (satu) kelas A dan B tersebut didampingi dosen pendamping Rohima Wahyuningrum, S.Si, M.Sc. Kedatangan para mahasiswa ini di terima langsung Kepala Seksi Observasi BMKG Kelas I Sultan Babullah Ternate Udhi Slamet, SP.

Menurut dosen pendamping Rohima Wahyuningrum, S.Si, M.Sc, kunjungan Rabu (9/1) kemarin ke BMKG tersebut bertujuan untuk melakukan pengenalan umum terkait fungsi alat-alat fisika.  Salah satunya mengenai cuaca yang telah dipelajari mahasiswa pada mata kuliah fisika lingkungan.

Selain itu, dosen pendamping yang kerap disapa Ningrum ini menjelaskan petugas BMKG  juga menunjukan cara kerja alat dalam melakukan pengamatan dan pengambilan data terkait cuaca.

“Mahasiswa mendapatkan materi berupa pengenalan peralatan dan operasional BMKG serta pengenalan jaringan data yang dilanjutkan dengan melihat peralatan operasional dan cara kerja peralatannya” urai Ningrum.

Dalam kunjungan ini, mahasiswa diajak untuk mengunjungi ruang obesrvasi, taman alat pengamatan serta ruang pengolahan data.

Mahasiswa kata Ningrum, cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Oleh karena itu, dirinya berharap dengan mengikuti kegiatan kunjungan ke BMKG ini, para mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta pengetahuan baru untuk menambah wawasan mereka dalam pembelajaran fisika, sebab selama semester pertama mahasiswanya hanya mempelajarinya melalalui teori berupa pembelajaran di kelas. (chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *