Perebutkan Piala Rektor, 19 SMA/Sederajat Ikuti Lomba Olimpiade Kimia

Sebanyak 19  Sekolah tingkat SMA/sederajat dari berbagai kabupaten di Maluku Utara mengikuti lomba olimpiade Kimia guna memperebutkan piala bergilir rektor ke-7 tahun 2019 yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKI) Prodi Pendidikan Kimia FKIP. Kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari ini di buka Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Zulkifli Zam Zam, M.Sc, mewakili rektor.

Ke 19 sekolah ini mewakili empat kabupaten yang ada Maluku Utara antara lain Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Selatan, Kota Tidore kepulauan serta Kota Ternate. Ketua Panitia Abdurahman Deto menjelaskan terdapat  6 sekolah tingkat SMA yang mewakili Kabupaten Halbar, sementara kabupaten Halsel diwakili 3 sekolah, Kota Tikep 2 sekolah serta 8 perwakilan sekolah yang mewakili Kota Ternate.

“ Ada tiga babak yang harus dilalui peserta yakni babak penyisihan, babak semi final serta babak final. Menyangkut dengan soal-soal semuanya dari materi pelajaran kimia tingkat SMA berdasarkan silabus di tahun pelajaran ini” kata Abdurahman, Senin (18/2).

Ia menambahkan pada babak penyisihan jumlah butir soal dengan kategori kesulitan cognitive 2 (c2) yang di uji sebanyak 30 soal dan dalam bentuk Pilihan Ganda (PG). Kemudian dibabak seminifinal tingkat kesulitan serta jumlah soalnya ditambah menjadi 50 butir soal ditambah 5 soal esay.

“Jadi pada babak semifinal jumlah soalnya kita tambah dari sebelumnya 30 soal dibabak penyisihan menjadi 50 butir soal. Selain itu tingkat kesulitan soal juga naik dari c2 ke c3, kemudian di babak semifinal ini juga kita tambahkan 5 soal dalam bentuk esay” ujar pria yang kerap disapa Rahman.

Bagi para peserta perorangan yang lolos hingga ke babak final nanti, panita akan menggabung mereka menjadi sebuah tim cerdas cermat yang mewakili sekolah masing-masing. Pada babak ini soal-soal yang diberikan berupa soal rebutan yang teknisnya telah diatur panitia. Nantinya tim yang menjawab benar dengan nilai tertinggilah yang keluar sebagai pemenang.

Kepada para pemenang nantinya selain menerima piala dan piagam penghargaan juga menerima bonus dari panitia berupa uang tunai dengan total enam juta rupiah.(chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *