FKIP Unkhair Jajaki Kerjasama dengan Lanal Ternate

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ternate Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, SE, MH beserta rombongan mengunjungi FKIP Unkhair pada Jumat (8/3) pekan kemarin. Kedatangan rombongan dari Lanal Ternate ini diterima langsung Dekan FKIP Dr. A.R. Tolangara, M.Si di ruang dekanat.

Dari  pertemuan yang berlangsung selama 1 jam tersebut kedua pihak sepakat untuk saling kerjasama dalam sebuah nota kesepahaman terkait penggunaan fasilitas olahraga guna menunjang program akademik Program Studi (Prodi) baru yang akan dibuka di FKIP. Menurut dekan dalam waktu dekat FKIP akan membuka satu lagi prodi baru yakni Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR).  Prodi baru ini nantinya membutuhkan fasilitas olahraga baik untuk pembelajaran maupun praktek lapangan.

Untuk itu dekan berharap  setelah dibuka prodi PJKR ini, FKIP dapat didukung dengan fasilitas olahraga yang mumpuni salah satunya adalah kolam renang yang dimiliki Lanal Ternate. “Saya  harap adanya bantuan berupa fasilitas olahraga melalui kerjasama ini, baik itu lapangan bola volley, sepak bola, basket maupun kolam renang karena saat ini FKIP  memiliki keterbatasan fasilitas olahraga”ungkap dekan.

Sementara itu Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, SE, MH selaku Danlanal Ternate merasa tersanjung karena selalu diberi kepercayaan oleh salah satu perguran tinggi ternama di Maluku Utara untuk menggunakan fasilitas yang mereka miliki. Selain FKIP, Lanal Ternate sebelumnya juga telah melakukan kerjasama dengan fakultas kedokteran untuk mengajarkan mahasiswa kedokteran tentang latihan renang serta survival dilaut.

“Kami sudah berkomitmen untuk selalu memberikan kontribusi bukan hanya perguruan tinggi tetapi juga kepada seluruh masyarakat Ternate dalam penggunaan fasilitas olahraga yang kami miliki” tandas perwira menengah yang telah memimpin Lanal Ternate selama 9 bulan ini.

Selain itu, dirinya juga menambahkan tahun ini mereka akan memugar kembali kolam renang tersebut sesuai dengan standar internasional. Pemugaran ini katanya mendapat dukungan dari gubernur Maluku Utara.

“Jadi tahun ini juga akan kami pugar sesuai dengan standar internasional, dimana panjang kolam renang mencapai 50 meter dan lebar 20 meter dengan 6 lintasan” ujarnya.

Melalui kerjasama ini, pihaknya berharap agar mahasiswa FKIP yang belajar renang di Lanal Ternate dapat berhasil secara optimal karena akan dididik dan dilatih oleh pelatih dari Lanal Ternate yang juga merupakan pelatih PON Maluku Utara. (chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *