Asesor BAN-PT Visitasi Prodi Pendidikan Biologi FKIP

Tim assesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unkhair, Rabu (14/8). Kedatangan tim asesor yang terdiri dari Dr. agr. H.Saefudin, M.Si dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan Dr. Sony Heru Sumarsono dari Institut Teknologi Bandung (ITB) disambut dekan FKIP Unkhair Dr. A.R. Tolangara, M.Si didampingi wakil dekan I bidang akademik, Dr. Hasan Hamid, M.Si beserta jajarannya.

Kedua asesor tiba di Kampus I FKIP Unkhair pada pukul 10.15 pagi yang selanjutnya diarahkan menuju ruang dekan untuk dilakukan rapat pembukaan. Dalam rapat yang berlangsung selama 30 menit ini, turut dihadiri Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Suratman Sudjud, MP dan Ketua LP3M Unkhair Dr. M.Ridha Ajam, M.Hum

Dalam sambutanya Wakil Rektor I menyampaikan terima kasih atas kedatangan  tim asesor dari BAN-PT ke Unkhair  untuk melakukan visitasi di Prodi Pendidikan Biologi. Dirinya juga  memberikan penjelasan kepada tim assesor tentang keberadaan Unkhair  dari awal berdirinya hingga sekarang .

Diakhir sambutannya, Wakil Rektor I mengatakan selaku pimpinan, Ia meminta masukan  terkait masalah yang ditemui tim assesor di lapangan agar dapat dibenahi di kemudain hari.

“Selaku pimpinan universitas kami meminta masukan,bimbingan serta arahan dari tim asesor jika masih terdapat hal-hal yang mesti diperbaiki sehingga apa yang menjadi masukan tersebut dapat dapat kami evaluasi dan untuk diperbaiki kedepan sehingga kami berharap tidak hanya prodi biologi tetapi prodi lain yang ada di Unkhair ini mampu mencapai nilai semaksimal dalam akreditasi dapat terwujud” kata Warek I.

Sementara itu, Dr. agr. H.Saefudin, M.Si dari asesor BAN-PT ketika memberikan sambutannya mengatakan visitasi bukanlah hal yang aneh sehingga tidak perlu ditakutkan.

“Hari ini kita visitasi disini (Prodi Pendidikan Biologi) kedepan kita juga yang akan divisitasi (assesor lain), Oleh sebab itu tidak perlu takut” tegasnya.

Dirinya juga meminta agar diberikan kesempatan untuk menjalankan tugas yang dibebankan dari BAN-PT kepadanya sebagai asesor dan mereka akan bekerja secara objektif  dalam melakukan penilaian. “Untuk itu berilah kami kesempatan untuk menjadi orang yang amanah atas tugas yang kami emban” kata Dr. H. Saefudin

Menurutnya visitasi merupakan klarifikasi antara apa yang ada diborang  dengan yang ada dilapangan, apakah sesuai atau tidak.

“Atau mungkin saja bisa terjadi sebaliknya, nah itu yang akan kita cek kesesuaian nanti dilapangan”tandasnya

Harapan kami mudah-mudahan apa yang kami temukan pada visitasi di Prodi Pendidikan Biologi ini, hasilnya lebih baik dari yang ada diborang. “Untuk itu hal terpenting agar semuanya diakui maka data-data perlu disiapkan sehingga semuanya sesuai apa adanya” katanya. (chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *