Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (KESMMAT) Gelar Pelatihan Olah Data Statistik

Dalam upaya meningkatkan keterampilan dan kompetensi keilmuan mahasiswa khususnya dibidang statistik, maka Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (KESMMAT) belum lama ini mengadakan pelatihan pengolahan data statistik di ruang Prodi Matematika. Pelatihan olah data statistik oleh KESMMAT ini, sebagai realisasi program bidang IPTEK untuk melatih para mahasiswa matematika dalam memanfaatkan software SPSS untuk menganalisis data statistik.

Ketua Bidang IPTEK KESMMAT Nuarani Badjiser mengatakan pengolahan data menggunakan software SPSS sangat membantu para mahasiswa dalam penyusunan laporan penelitian, khususnya dalam penulisan skripsi. Menurutnya, pelatihan ini sifatnya tidak wajib bagi semua mahasiswa, namun diberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendaftarkan diri.

“Meskipun pelatihan ini tidak diwajibkan, tetapi kami dari panitia tetap memberikan kesempatan kepada teman-teman mahasiswa untuk mendaftarkan diri ” terang Nuarani.

Hingga pada saat pelaksanaan tercatat 20 mahasiswa semester IV dan semester VI yang mengikuti pelatihan tersebut. Nuarani menilai para mahasiswa yang telah terdaftar dan mengikuti pelatihan ini berarti memiliki motivasi yang kuat untuk mempelajari penggunaan software SPSS dalam pengolahan data statistik.

Bertindak sebagai pelatih dalam pelatihan ini adalah Dr. Karman La Nani, M.Si yang juga Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika. Mengingat waktu yang terbatas dengan durasi yang berlangsung selama dua jam, maka penggunaan Software SPSS diarahkan untuk mengolah data tunggal serta menganalisis dan menginterpretasi data secara deskriptif.

Pelatihan ini lebih difokuskan pada penggunaan software SPSS dalam menentukan dan menginterpretasi statistik deskriptif, diantaranya meliputi skor Minimum dan maksimum, rentang, nilai rata-rata, median, modus, kuartil, variansi, simpangan baku, kurtosis, skewness,  outlier dan nilai ekstrim.

Menurut Karman La Nani yang kerap di sapa “PAKAR”, materi ini masih bersifat sederhana dan baru sebagian kecil dari materi statistika yang pengolahannya menggunakan software SPSS. Selain materi tersebut, masih terdapat sejumlah statistik uji yang dapat dianalisis dengan bantuan software SPSS. Hal ini yang mendorong pengurus KESMMAT termotivasi sehingga mereka berharap agar  bidang IPTEK terus mengagendakan pelatihan semacam ini untuk dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan. (pkr-chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *