Wadek I FKIP Unkhair Bahas Peningkatan Kerjasama Saat Menerima Rombongan FKIP Unpatti Ambon

Wakil Dekan I FKIP Unkhair, Dr. Hasan Hamid, M.Si menerima rombongan tim FKIP Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon diruang senat FKIP, Sabtu (13/7). Rombongan tim dari Unpatti Ambon ini, dipimpin ketua Jurusan IPS, Drs. W.S. Pinoa, M.Si didampingi ketua-ketua prodi jurusan IPS diantaranya, Dr. Lisye Salamor, M.Pd ( Kaprodi PPKn), Amjad Salong, M.Pd (Kaprodi Ekonomi), Johan Pattiasina, S.Pd, MA ( Kaprodi Sejarah) dan sekretaris jurusan IPS Efilina Kissiya, M.Hum.

Sementara dari pihak FKIP Unkhair yang hadir dalam pertemuan tersebut yakni Ketua Jurusan IPS, Dr. Rustam Hasim, M.Hum, Kaprodi PKn, Kaprodi Geografi serta sejumlah dosen. Dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai hal terkait peningkatan kualitas pendidikan dikedua fakultas khususnya jurusan IPS.

Hal lain yang juga dibahas adalah usulan pembentukan sebuah konsorsium, mengingat kedua universitas baik Unkhair maupun Unpatti berada didaerah yang memiliki spesifikasi geografis yang sama yakni daerah kepulauan. Rencananya usulan pembentukan konsorsium tersebut juga  melibatkan provinsi lainnya di Sulawesi serta Papua.

Wadek I Dr. Hasan Hamid, M.Si ketika ditemui usai pertemuan tersebut menjelaskan kunjungan tim dari jurusan IPS FKIP Unpatti ke Unkhair ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari Forum Komunikasi (Forkom) dekan se-Indoensia. Kunjungan tersebut kata wadek I, adalah dalam rangka melakukan studi fisik ke FKIP Unkhair, baik berupa studi fisik pembelajaran maupun sharing terkait penelitian antar prodi guna pengkembangan kompotensi dosen.

Wadek I Juga mengatakan kedua jurusan banyak berbagi infromasi  terkait akademik baik yang ada di Unkhair maupun di Unpatti termasuk didalamnya menyangkut dengan “keunggulan” dari masing-masing prodi.

“Salah satu keunggulan yang kita miliki dari prodi PKn yakni mahasiswa kita sudah beberapa kali berhasil mewakili Unkhair ke tingkat nasional. Oleh karena itu mereka juga ingin mempelajari pengalaman terkait hal ini, bagaimana sampai mahasiswa kita dari prodi PKn bisa sampai lolos ke tingkat nasional” tambah wadek I.

Ada satu hal yang juga menjadi perhatian tim dari Unpatti yakni terkait kampung binaan “rasai“ kampung tabanga  di Kelurahan Tobololo yang di miliki prodi Pkn FKIP Unkhair. Kampung binaan ini menurut wadek I, menjadi catatan tersendiri bagi mereka karena selian bernuansa kebhinekaan juga menjunjung tinggi tinggi toleransi antar umat beragama.

”Jadi mereka tertarik akan kampung binaan ini,  sehingga mereka berencana menempatkan mahasiswa yang mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di kampung Tabanga dan salah satu prodinya akan mengadopsi kampung binaan ini untuk mereka terapkan disana” tutup wadek I. (chn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *